Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Anda Hendak Membeli Kamera DSLR



Jika anda penggemar fotografi, tentunya tidak akan lepas dari kamera. Apakah anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang seharusnya anda perhatikan saat anda hendak membeli kamera DSLR yang anda inginkan? Untuk mengurangi rasa sesal saat anda terlanjur membeli, ada baiknya anda ketahui beberapa hal berikut ini :

Tujuan membeli kamera DSLR
Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah tujuan membeli kamera DSLR. Jika sekadar punya saja, Anda tidak perlu membeli kamera DSLR yang mahal. Namun, jika ingin mendalami dunia fotografi,  Anda setidaknya membeli kamera DSLR semipro yang fiturnya lebih baik dibanding kamera DSLR biasa. Salah satu contoh kamera DSLR semipro adalah Canon EOS 70D.

Anggaran
Setelah mengetahui tujuan, hal berikutnya adalah anggaran (budget) Anda. Sebagai contoh, jika hendak membeli kamera DSLR biasa, siapkan dana Rp 4-6 juta. Jika hendak membeli kamera DSLR semipro, siapkan dana sekitar Rp 10-20 juta. Sementara itu, untuk kamera DSLR profesional, siapkan dana di atas Rp 20 juta. Tentunya, dana di atas dapat lebih besar lagi jika Anda membeli aksesoris tambahan. Seperti lensa, tas kamera khusus, memory card, dan tripod.

Kecepatan Kamera
Kecepatan kamera berperan penting jika Anda hendak mengambil subyek gambar yang bergerak. Namun, Anda jangan khawatir. Karena rata-rata kecepatan kamera DSLR (ukurannya frame per detik) sudah cukup baik daripada jenis kamera lain. 

Sebagai panduan awal, berikut contoh kecepatan kamera untuk sejumlah kebutuhan:
Fotografi umum : 3 frame per detik
Subyek gambar bergerak (misal anak-anak dan hewan peliharaan) : 5 frame per detik
Subyek gambar bergerak cepat (misalnya olahraga dan hewan di alam liar) : 5-10 frame per detik

Megapiksel
Resolusi kamera digital diukur dalam megapiksel. Makin besar megapiksel, makin bagus pula kualitas foto yang dihasilkan. Akan tetapi, kelemahannya adalah ukuran foto makin besar dan dapat berpengaruh negatif pada kamera DSLR yang sensitivitasnya tidak tinggi.

Jadi, janganlah jadikan megapiksel sebagai satu-satunya fakor saat Anda memilih kamera DSLR terbaik di tahun 2017 ini. Pada kenyataannya, hampir semua kamera DSLR biasa yang ada di pasaran sudah memiliki resolusi di atas 10 megapiksel. Resolusi ini setara dengan 40 megapiksel pada ponsel pintar.


Sensor Kamera


Sensor dalam kamera DSLR adalah komponen sensitif cahaya yang mengambil gambar secara digital saat shutter ditekan. Ukuran sensor menentukan seberapa besar cahaya yang digunakan untuk mengambil sebuah foto.

Terdapat dua pilihan sensor yaitu sensor APS-C (disebut juga sensor Crop) dan sensor full frame. Sensor full frame memiliki jangkauan yang lebih luas dan hasil fotonya pun lebih tajam sehingga sering digunakan fotografer profesional.

Karena itulah, kamera DSLR bersensor full frame lebih mahal dibanding kamera DSLR bersensor APS-C. Meski demikian, kamera dengan sensor APS-C sudah cukup Anda gunakan untuk belajar fotografi.

Merk
Merk kamera DSLR kamera juga perlu Anda pertimbangkan. Di pasaran setidaknya ada 6 merk kamera DSLR yaitu Canon, Nikon, Pentax, Sony, Olympus, dan Konica Minolta. Tentunya, masing-masing merk memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam sebuah survei yang dilakukan Digital Photography School pada pembacanya, Canon dan Nikon masih menjadi merk kamera DSLR favorit. Berikut diagram hasil survei tersebut.

Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Anda Hendak Membeli Kamera DSLR Beberapa Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Anda Hendak Membeli Kamera DSLR Reviewed by Ulum on Januari 31, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.